Senin, 04 Juni 2012

Sejumlah Menteri Kabinet Jepang Mundur

Sejumlah menteri kabinet Jepang dikabarkan akan mengundurkan diri, Senin (4/6). Perdana Menteri Yoshihiko Noda selaku pemimpin kabinet melakukan perombakan atau reshuffle yang kedua. Dia berencana untuk mengganti lima dari 18 menteri kabinet sebagai langkah untuk memenangi dukungan partai oposisi bagi rencananya untuk menaikkan pajak penjualan.



Ini adalah kali kedua Noda melakukan perombakan. Sebelumnya, Noda mencanangkan resuffle pada Januari lalu.

Dengan resfuffle tersebut, Noda bertujuan membujuk oposisi Partai Liberal Demokrat dan New Komeitoguna merundingkan rancangan undang-undang tentang pajak dengan menghentikan para menteri yang kinerjanya dianggap tak sesuai harapan.

Pemerintahan Noda sudah dua kali menggolkan undang-undang untuk menaikkan pajak konsumsi tersebut. Namun, rancangan itu mentok setelah partai berkoalisi menolak rencana menaikkan pajak tersebut.

Pada April lalu, partai oposisi tersebut meminta Noda untuk mengganti Menteri Pertahanan Naoki Tanaka dan Menteri Transportasi Takeshi Maeda. Dan, Noda dikabarkan akan mengabulkan permintaan tersebut. Ia rencananya akan mengganti Naoki Tanaka dengan seorang profesor dari Universitas Takushoku, Satoshi Morimoto, serta mengganti Takeshi Maeda dengan Yuichiro Hata.

Menteri Jasa Keuangan Shozaburo Jimi mengaku akan mundur dari kabinet. Dia akan digantikan oleh Tadahiro Matsushita.(NHK/IAN)

Sumber :  www.liputan6.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar