Jumat, 27 Juli 2012

Indonesia Desak Israel Bongkar Pemukiman di Palestina

Pemerintah Indonesia mendesak Israel membongkar dan menghentikan pembangunan pemukiman di kawasan pendudukan Palestina, termasuk di Yerusalem Timur. Sebab, itu akan menjadi hambatan utama upaya perdamaian di Timur Tengah.

Pernyataan itu dikatakan oleh Duta Besar Desra Percaya, wakil tetap Pemerintah Indonesia untuk PBB, dalam debat terbuka Dewan Keamanan PBB, Rabu (25/7/2012) lalu.

"Israel telah melanggar resolusi-resolusi Dewan Keamanan mengenai moratorium pembangunan pemukiman, dan melanjutkan pendirian dinding pemisah yang tidak sah di Tepi Barat. Ini bertentangan dengan pandangan (advisory opinion) Mahkamah Internasional,” ujar Desra, seperti dilansir situs Kementerian Luar Negeri, Jumat (27/7/2012).
Desra menambahkan, masih terdapat sejumlah isu untuk diselesaikan dalam upaya proses negosiasi Israel-Palestina. Misalnya, isu perbatasan, keamanan, pengungsi, dan status Yerusalem. Namun, pemukiman merupakan masalah utama.

“Kecuali Israel mengubah kebijakan pemukimannya, menghentikan penggusuran rakyat Palestina, serta tidak meneruskan pembangunan pemukiman Israel di kawasan pendudukan Palestina, termasuk Yerusalem Timur, maka mustahil diperoleh kemajuan dalam negosiasi damai,” tutur Desra. (*)

www.tribunnews.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar