Sabtu, 02 Juni 2012

Sudan Usir Bantuan Asing


Liputan6.com, Khartoum: Sudan mengusir empat kelompok bantuan asing di bagian timur negara itu, kata satu sumber pada Komisi Urusan Kemanusiaan (HAC) pemerintah kepada AFP, Jumat (2/6). "HAC memutuskan untuk mengusir empat lembaga swadaya masyarakat internasioal yang bekerja di Sudan timur karena mereka tidak melaksanakan proyek-proyek yang direncanakan," kata sumber yang tidak bersedia namanya disebutkan.



"Juga, ada satu kelemahan dalam orgasasi swadaya masyarakat internasional ini," kata sumber itu tanpa merinci lebih jauh. Ia mengidentifikasi kelompok itu adalah Save the Children Swedia, GOAL dari Irlandia, satu kelompok kemanusiaan Jepang dan satu lagi dari organisasi Irlandia.

"Tidak ada penjelasan mengenai hal ini," kata satu sumber diplomatik yang mengklarifikasi bahwa pemerintah hanya berusaha membatalkan kegiatan kelompok-kelompok kemanusiaan itu di Sudan timur, tetapi tidak di bagian lain negara itu. Sumber itu juga mengonfirmasikan bahwa GOAL dan Save the Children Swedia termasuk di antara yang terkena dampak itu.


Satu sumber bantuan asing mengatakan kelompoknya termasuk di antara sejumlah LSM yang mendapat pemberitahuan yang menyatakan pemerintah menginginkan mereka menghentikan perkerjaan mereka di daerah timur negara itu. "Itu benar. Kami menerima satu surat pada Kamis," katanya.(Ant/ADO)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar