Sabtu, 09 Juni 2012

Sejak Merdeka, Baru Tersambung Listrik

Sigiranus Marutho Bere | Tri Wahono

Sejak Indonesia Merdeka, baru kali ini warga Oelbosen, Kelurahan Tubuhue, Kecamatan Kota Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur bisa menikmati listrik PLN.

Kebahagiaan warga begitu terasa saat listik dinyalakan pertama di rumah salah satu warga.
"Puji Tuhan, akhirnya kami bisa menikmati listrik yang selama ini sangat kami nantikan," kata Aloysius Sila, selaku tokoh masyarakat setempat, Jumat (8/6/2012).

Ia mengatakan sejak tahun 1945, baru pada tahun 2012 ini pihak PLN bisa melakukan pemasangan listrik di daerah tersebut.
 

 "Terima kasih kasih sampaikan kepada pihak PLN, khususnya pimpinannya sekarang yang telah memperhatikan dan mengakomodir keinginan kami," tambahnya.

Lanjut Sila, selama ini kampung Oelbosen yang letaknya 12 kilometer arah timur Kota Kefamenanu, Ibu Kota Kabupaten TTU, hanya mengandalkan lampu petromaks dan lampu gas yang peruntukannya untuk penerangan saja dan itupun terbatas waktu. Untuk keperluan lainnya yang membutuhkan jaringan listrik penuh, warga terpaksa harus mendatangi ke keluarga mereka di Kefamenanu.

Hal yang sama juga disampaikan oleh ketua rukun tetangga (RT) Oelbosen Dominikus Usfinit yang mengaku terharu dengan pemasangan jaringan listrik baru untuk 20 kepala keluarga yang selama ini sangat terisolir dibandingkan dengan daerah lain yang ada di Kabupaten TTU.

"Kami sangat beruntung akhirnya bisa sama seperti daerah yang lain yang ada di Indonesia karena sudah ada listrik. Ini baru kami rasa bahwa ada keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Jangan hanya warga yang di kota saja yang diperhatikan, sedangkan kami tidak," kata Usfinit.

Dia mengatakan sebelumnya warga sudah berulang kali mengajukan usulan pemasangan kepada pihak PLN, namun tidak pernah direspon, padahal warga sudah menjual ternak bahkan tanah warisan untuk membayar biaya pemasangan listrik baru.

Supervisor Service Point PLN Ranting Kefamenanu, Anang Taufiqi mengatakan semua itu adalah program dari PLN pusat untuk menjangkau semua wilayah khususnya di perbatasan dengan jaringan listrik. Program itu dijalankan oleh PLN ranting Kefamenanu secara optimal dan bertahap.

"Yang pastinya dari pihak PLN akan melakukan pemasangan listrik jaringan kepada daerah yang selama ini sulit dijangkau maupun terisolasi dan diharapkan beberapa tahun mendatang, untuk wilayah Kabupaten TTU semuanya akan dialiri listrik. Tapi, tentunya akan dilakukan secara bertahap," jelas Taufiqi. 

dari : www.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar