Sabtu, 26 Mei 2012

Di Sigi, Ada 15 Ribu Rumah Tak Layak Huni


 dari : www.harianmercusuar.com

SIGI, MERCUSUAR – Di Kabupaten Sigi terdapat 15 ribu rumah tak layak huni. Belasan ribuan rumah tersebut berada di 15 kecamatan yang ada di Sigi, dan beberapa diantaranya berada di daerah terpencil.

Wakil Bupati Sigi Livingstone Sango mengatakan, saat ini di wilayahnya terdapat sekitar 15.000 rumah tak layak huni karena masih banyaknya jumlah penduduk miskin.

Livingstone menyebutkan, saat ini di Kabupaten Sigi terdapat penduduk miskin sekiar 18 ribu orang dari jumlah penduduk sebanyak 230 ribu jiwa.

Dia mengatakan pemerintah secara bertahap berupaya mengurangi jumlah rumah tak layak huni dengan memberikan bantuan perbaikan perumahan, seperti bedah rumah.

"Setiap tahun rata-rata dapat dientaskan hingga 100 rumah tak layak huni," katanya.  Rumah tak layak huni itu, kata Livingstone, sebagian besar berada di wilayah perdesaan.  Livingstone mengatakan, pada 2012 terdapat 100 rumah tak layak huni yang mendapat bantuan dari Kementerian Sosial, padahal Pemerintah Kabupaten Sigi telah megajukan permohonan bantuan untuk 323 rumah.

Lebih lanjut, dia mengatakan warga masyarakat lanjut usia di daerahnya saat ini tercatat sebanyak 765 jiwa, namun yang baru mendapat penanganan melalui pemberian bantuan sebanyak 140 orang.  "Tahun ini kami mengajukan permohonan lagi untuk membantu 100 warga lanjut usia dari Kementerian Sosial," katanya.

Baru-baru ini Menteri Sosial RI Salim Saggaf Aljufri berkunjung ke Kabupaten Sigi untuk memberikan sejumlah bantuan sosial dan meresmikan gedung serba guna keserasian sosial.

Menteri Sosial juga berjanji untuk lebih memperhatikan Kabupaten Sigi mengingat daerah tersebut masih jauh tertinggal dibandingkan kabupaten lainnya di Provinsi Sulteng.

"Secara bertahap kita akan membantu masyarakat Sigi dan warga miskin lainnya di Indonesia," kata Salim Saggaf. FIT/ANT

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar